RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Satuan pendidikan : SD NEGERI SAMBI
Kelas/Semester : IV/II
Tema/Sub Tema : 7. Cita - Citaku/2.HebatnyaCita - citaku
Pembelajaran : 4
Alokasi
Waktu :
45 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar
Matematika
4.5 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang
sederhana.
4.6 Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan
jaring bangun ruang yang sudah ada
4.7 Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang
yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar
rumah sekolah atau tempat bermain.
Indikator
4.6.1 Menggambar
berbagai variasi jaring-jaring balok
4.7.1 Membuat
jaring jaring balok dari karton
4.7.2 Membuat kreasi benda (kotak celengan)
dari bahan bekas berdasarkan jaring –jaring balok atau kubus.
Seni Budaya dan Prakarya
Kompetensi Dasar
4.4 Membentuk karya
seni tiga dimensi dari bahan alam.
Indikator
4.4.1
Membuat
kotak celengan dari kardus bekas sesuai dengan kreasi masing-masing.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator
4.5.1 Menjelaskan manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat,
lingkungan alam dan budaya
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
melakukan pengamatan dan
diskusi, siswa mampumenggambar berbagai variasi jaring-jaring balok.
2.
Setelah
pengamatan dan eksplorasi, siswa
mampu membuat dengan benar jaring jaring balok dari karton.
3.
Setelah
pengamatan dan eksplorasi, siswa
mampu membuat kreasi benda (kotak
celengan) dari bahan bekas berdasarkan jaring –jaring balok atau kubus.
4.
Berdasarkan
teks instruksi, siswa
mampu membuat kotak celengan dari
kardus bekas sesuai dengan kreasi masing-masing.
5.
Setelah
diskusi dan membaca teks bacaan secara mendalam,siswa mampu menjelaskan dengan benar manfaat suatu
cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengenal jaring-jaring bangun ruang.
2.
Menggambarkan jaring-jaring bangun ruang sesuai dengan kreatifitas.
3.
Memahami manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan
budaya.
E. Metode, Strategi dan Pendekatan
Pembelajaran
1.
Metode: Pengamatan, eksplorasi, diskusi, tanya jawab
2. Strategi :
NHT
2.
Pendekatan: Scientifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengapresiasi, mengasosiasi/menalar,
dan mengomunikasikan)
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media : Gambar
2.
Alat : Barang-barang
bekas berupa karton, pastel
warna / pencil warna, bungkus kemasan berbentuk balok, gunting, plaster.
3.
Sumber Belajar : Buku siswa
Muftah,
Bunyamin,dkk. 2013. Buku Guru Tema 7: Cita-citaku. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskrepsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa tahfid, berdoa, mentoring pagi hari.
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak
semua siswa untuk semangat pagi.
4. Meberikan
motivasi kepada siswa
5. Mengulang
materi sebelumnya
6. Bertanya
jawab tentang cita – cita dari siswa
7. Menyebutkan
tujuan belajar hari ini
7.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang cita-citaku
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa diminta duduk sesuai kelompoknya.(membuat
jejaring)
2. Siswa diminta mengeluarkan barang bekas bungkus kemasan
berbentuk balok yang sudah di perintahkan kemarin. (mengumpulkan informasi)
3. Guru
memberikan nomor kepada perwakilan kelompok. (membuat jejaring)
4. Guru
menunjuk siswa menggambarkan jaring-jaring kubus di papan tulis. (mencoba)
5. Guru
memberikan hadiah kepada siswa yang berani maju kedepan. (mengapresiasi)
6. Siswa
diminta untuk membongkar bungkus kemasan berbentuk balok yang sudah dibawa. .(mengumpulkan
informasi)
7. Siswa
diminta menggambarkan jaring-jaring balok di papan tulis. (mencoba)
8.
Siswa
membuat jaring - jaring balok dari karton dengan panduan gambar yang
ada dipapan tulis. (mencoba)
9.
Siswa di minta menambahkan gambar atau
kreasi yang sesuai dengan kreatifitasnya pada jaring jaring balok. (mencoba)
10. Siswa
merangkai jaring-jaring balok yang telah dibuat. (mencoba)
11. Siswa
menjelaskan manfaat barang- barang bekas. (menalar)
12. Guru
menambahkan informasi kepada siswa hubungan dan manfaat suatu cita-cita
terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya. (mengumpulkan informasi)
|
15 menit
|
Penutup
|
1. Bersama
– sama siswa membuat simpulan / rangkuman hasil belajar yang telah diberikan
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi).
3. Melakukan
penilaian hasil belajar.
4. Guru
melakukan refleksi terhadap penyampaian materi pada hari ini.
5. Mengajak
semua siswa berdoa (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
6. Menginformasikan
kegiatan belajar yang akan datang.
7. Memberi
tugas kepada siswa untuk membuat kreasi dari barang bekas lainnya.
|
15 menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap :
percaya diri, disiplin, dan peduli lingkungan
b. Unjuk kerja : Membuat karya 3
dimensi dengan memanfaatkan jaring-jaring balok.
c.
Penilaian pengetahuan : latihan
tertulis dan mengerjakan lembat kerja di buku siswa (halaman: 55)
2.
Bentuk Instrumen Penilaian : Format
pengamatan, isian
Surakarta,
12 Maret
2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas IV,
(Yulia Maftuhah) (Wahyu Nurul Mubarokah)
I.
Lampiran
1. Materi
BANGUN RUANG
a.
KUBUS
b.
BALOK
2. SOAL
EVALUASI
Diskusikan pertanyaan dibawah ini
dengan seorang teman mu.
a. Bagaimana barang bekas memberi manfaat bagi manusia?
Berikan contohnya?
b. Apa yang terjadi pada manusia dan lingkungan jika
barang bekas tidak dapat diolah kembali?
c.
Ambil sebuah
barang bekas pakai. Pikirkan bagaimana cara mengolah barang bekas tersebut agar
dapat digunakan kembali.
3. Penilaian
Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Daftar periksa
1.Daftar
periksa Matematika
Rubrik SBDP
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup Bagus
|
Berlatih
Lagi
|
Ketepatan
|
Siswa
mampu menggambar seluruh
jaring-jaring balok dengan akurat
|
Sebagin
besar gambar jaring-jaring balok
digambar dengan akurat
|
Sebagian
besar jaring-jaring balok digambar
dengan
tidak akurat.
|
Bentuk geometri
|
Seluruh
bentuk bangun digambar
sesuai
|
Sebagian
besar bentukgeometri digambar sesuai
|
Sebagian
besar bangun
digambar sesuai
|
Model
|
Siswa
dapat membuat 3 model
jaring-jaring balok
|
Siswa dapat membuat 2 model jaring-jaring
balok
|
Siswa
dapat membuat 1 model jaring-jaring balok
|
Siswa
membuat kesimpulan yang
terdiri dari:
·
Bentuk bangun
·
Jumlah segibanyak
·
Pola
|
Memenuhi 2 kriteria
|
Memenuhi 3 kriteria
|
Memenuhi
1 kriteria
|
Catatan
: Centang (√) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
Penilaian
: x 10
Contoh
: x 10 = x 10 =
9,1
2. Daftar periksa IPS
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menjelaskan
3 manfaat perajin dalam masyarakat
|
b.
Penilaian
Sikap
Lembar
pengamatan siswa di kelas
Minggu ke-1 Bulan Maret 2014 Sub Tema : HebatnyaCita -
citaku
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
|||||||||||
Percaya
Diri
|
Disiplin
|
Peduli
Lingkungan
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Keterangan:
1 = Belum terlihat
2 = Mulai terlihat
3 = Mulai berkembang
4 = Membudaya
c.
Unjuk Kerja
Membuat karya 3 dimensi dengan
memanfaatkan jaring-jaring kubus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar