Kamis, 10 April 2014

RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK

Satuan pendidikan    : SD NEGERI SAMBI
Kelas/Semester           : IV/II
Tema/Sub Tema        : 7. Cita - Citaku/2.HebatnyaCita - citaku
Pembelajaran             : 4
Alokasi Waktu           : 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati  (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD)  dan Indikator
Kompetensi Dasar
Matematika
4.5 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana.
4.6 Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada
4.7 Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain.

Indikator
4.6.1 Menggambar berbagai variasi jaring-jaring balok
4.7.1 Membuat jaring jaring balok dari karton
4.7.2 Membuat kreasi benda (kotak celengan) dari bahan bekas berdasarkan jaring –jaring balok atau kubus.

Seni Budaya dan Prakarya
Kompetensi Dasar
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam.
Indikator
4.4.1   Membuat kotak celengan dari kardus bekas sesuai dengan kreasi masing-masing.

Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,     budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator
4.5.1 Menjelaskan manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampumenggambar berbagai variasi jaring-jaring balok.
2.      Setelah pengamatan dan eksplorasi, siswa mampu membuat dengan benar jaring jaring balok dari karton.
3.      Setelah pengamatan dan eksplorasi, siswa mampu membuat kreasi benda (kotak celengan) dari bahan bekas berdasarkan jaring –jaring balok atau kubus.
4.      Berdasarkan teks instruksi, siswa mampu membuat kotak celengan dari kardus bekas sesuai dengan kreasi masing-masing.
5.      Setelah diskusi dan membaca teks bacaan secara mendalam,siswa mampu menjelaskan dengan benar manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya dengan benar.



D. Materi Pembelajaran
1. Mengenal jaring-jaring bangun ruang.
2. Menggambarkan jaring-jaring bangun ruang sesuai dengan kreatifitas.
3. Memahami manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya.
E. Metode, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode: Pengamatan, eksplorasi, diskusi, tanya jawab
2.  Strategi : NHT
2. Pendekatan: Scientifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengapresiasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan)
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media                 : Gambar
2. Alat                     : Barang-barang bekas berupa karton, pastel warna / pencil warna, bungkus kemasan berbentuk balok, gunting, plaster.
3. Sumber Belajar   : Buku siswa
Muftah, Bunyamin,dkk. 2013. Buku Guru Tema 7: Cita-citaku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskrepsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Mengajak semua siswa tahfid, berdoa, mentoring pagi hari.
2.   Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.   Mengajak semua siswa untuk semangat pagi.
4.   Meberikan motivasi kepada siswa
5.   Mengulang materi sebelumnya
6.   Bertanya jawab tentang cita – cita dari siswa
7.   Menyebutkan tujuan belajar hari ini
7. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang cita-citaku
15 menit
Kegiatan Inti
1.   Siswa diminta duduk sesuai kelompoknya.(membuat jejaring)
2.   Siswa diminta mengeluarkan barang bekas bungkus kemasan berbentuk balok yang sudah di perintahkan kemarin. (mengumpulkan informasi)
3.   Guru memberikan nomor kepada perwakilan kelompok. (membuat jejaring)
4.   Guru menunjuk siswa menggambarkan jaring-jaring kubus di papan tulis. (mencoba)
5.   Guru memberikan hadiah kepada siswa yang berani maju kedepan. (mengapresiasi)
6.   Siswa diminta untuk membongkar bungkus kemasan berbentuk balok yang sudah dibawa. .(mengumpulkan informasi)
7.   Siswa diminta menggambarkan jaring-jaring balok di papan tulis. (mencoba)
8.      Siswa  membuat jaring - jaring balok dari karton dengan panduan gambar yang ada dipapan tulis. (mencoba)
9.      Siswa di minta menambahkan gambar atau kreasi yang sesuai dengan kreatifitasnya pada jaring jaring balok. (mencoba)
10.  Siswa merangkai jaring-jaring balok yang telah dibuat. (mencoba)
11.  Siswa menjelaskan manfaat barang- barang bekas. (menalar)
12.  Guru menambahkan informasi kepada siswa hubungan dan manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya. (mengumpulkan informasi)

15 menit
Penutup
1.      Bersama – sama siswa membuat simpulan / rangkuman hasil belajar yang telah diberikan
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3.      Melakukan penilaian hasil belajar.
4.      Guru melakukan refleksi terhadap penyampaian materi pada hari ini.
5.      Mengajak semua siswa berdoa (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
6.      Menginformasikan kegiatan belajar yang akan datang.
7.      Memberi tugas kepada siswa untuk membuat kreasi dari barang bekas lainnya.
15 menit

H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap                     : percaya diri, disiplin, dan peduli lingkungan
b. Unjuk kerja                         : Membuat karya 3 dimensi dengan memanfaatkan jaring-jaring balok. 
c. Penilaian pengetahuan          : latihan tertulis dan mengerjakan lembat kerja di buku siswa (halaman: 55)
2. Bentuk Instrumen Penilaian : Format pengamatan, isian
                                                                                                Surakarta, 12 Maret 2014
Mengetahui,                                                                           
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Kelas IV,

(Yulia Maftuhah)                                                                    (Wahyu Nurul Mubarokah)

I.        Lampiran
1.   Materi
BANGUN RUANG
a.      KUBUS

b.      BALOK

2.   SOAL EVALUASI
Diskusikan pertanyaan dibawah ini  dengan seorang teman mu.
a.       Bagaimana barang bekas memberi manfaat bagi manusia? Berikan contohnya?
b.      Apa yang terjadi pada manusia dan lingkungan jika barang bekas tidak dapat diolah kembali?
c.       Ambil sebuah barang bekas pakai. Pikirkan bagaimana cara mengolah barang bekas tersebut agar dapat digunakan kembali.
3.   Penilaian
Bentuk Instrumen Penilaian
a. Daftar periksa
1.Daftar periksa Matematika
Rubrik SBDP
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup Bagus
Berlatih Lagi
Ketepatan
Siswa mampu menggambar seluruh jaring-jaring balok dengan akurat
Sebagin besar gambar jaring-jaring balok
digambar dengan akurat
Sebagian besar jaring-jaring balok digambar
dengan tidak akurat.
Bentuk geometri
Seluruh bentuk bangun digambar
sesuai
Sebagian besar bentukgeometri digambar sesuai
Sebagian besar bangun digambar sesuai
Model
Siswa dapat membuat 3 model
jaring-jaring balok
Siswa dapat membuat 2 model jaring-jaring balok
Siswa dapat membuat 1 model jaring-jaring balok
Siswa membuat kesimpulan yang
terdiri dari:
·   Bentuk bangun
·   Jumlah segibanyak
·   Pola
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 1 kriteria

Catatan : Centang  (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian :  x 10

Contoh :   x 10 =  x 10 =  9,1

2. Daftar periksa IPS

Kriteria
Ya
Tidak

Menjelaskan 3 manfaat perajin dalam masyarakat



b.   Penilaian Sikap

Lembar pengamatan siswa di kelas
Minggu ke-1 Bulan Maret 2014        Sub Tema : HebatnyaCita - citaku
No
Nama
Aspek yang dinilai
Percaya Diri
Disiplin
Peduli Lingkungan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4







































































Keterangan:
1 = Belum terlihat
2 = Mulai terlihat
3 = Mulai berkembang
4 = Membudaya

c.    Unjuk Kerja
Membuat karya 3 dimensi dengan memanfaatkan jaring-jaring kubus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar